1.
Publisitas
Publisitas
merupakan merupakan salah satu alat promosi yang efektif dan murah dalam
memperkanalkan keberadaan perpustakaan, termasuk jasa/produk yang ditawarkan
melalui berita di media penerbitan, seperti surat kabar, majalah, majalah
dinding, melalui media elektronik, media online (internet) maupun panggung.
Penggunaan bentuk publisitas untuk promosi perpustakaan akan dapat menjangkau
masyarakat pendengar, pembaca dan pemirsa yang cukup luas, karena akan banyak
dibaca, didengar dan ditonton orang.
Dalam
kegiatan promosi perpustakaan dengan publisitas, dapat dilakukan dalam berbagai
bentuk seperti: “press release” dalam event-event yang dilaksanakan oleh
perpustakaan, misalnya dalam acara pembukaan atau penutupan acara pameran,
lomba, diklat, dll.
Dalam
melaksanakan publisitas, terdapat hal-hal penting yang harus menjadi perhatian,
seperti menjalin hubungan baik dengan media masa, penentuan jangka waktu
publisitas secara tepat, menentukan ide serta media yang sesuai , disampaikan
dalam bentuk yang singkat, dan menarik sesuai dengan materi yang
dipublikasikan.
Beberapa
keunggulan dari publisitas: (1) ditempatkan sebagai berita dan bukan di ruang
iklan, dengan penempatan demikian memberikan kesan bahwa informasi dalam berita
mengenai produk/jasa tersebut lebih obyektif. Sehingga kredibilitas suatu
produk/jasa menjadi meningkat dengan adanya publisitas; (2) publisitas
cenderung untuk sampai kepada konsumen yang tidak menyukai iklan atau kontak
pribadi; (3) publisitas memiliki potensi tinggi untuk didramatisasi, sehingga
dapat menarik perhatian dan mempengaruhi orang.
2.
Iklan
Iklan
berbeda dengan publisitas yang biasanya gratis, dengan iklan perpustakaan harus
mengeluarkan biaya untuk pembuatanya. Publisitas kurang dapat dikendalikan oleh
perpustakakaan, hal tersebut disebabkan karena adanya penyuntingan dan
ketergantungan pada media dalam pemuatannya. Sedangkan iklan dapat direncanakan
dan dikendalikan dalam hal-hal yang ingin disampaikan oleh perpustakaan.
Iklan
yang dimuat dalam media massa baik dalam bentuk cetak maupun elektronik,
seperti surat kabar, majalah, radio dan televisi, atau media online (internet). Pada saat ini dengan
pemanfaatan teknologi internet, juga terdapat beberapa jejaring sosial yang
dapat juga dimanfaatkan sebagai media untuk memasang iklan gratis.
3.
Resensi
Buku
Salah
satu rubrik yang seringkali ada dalam sebuah penerbitan, bahkan juga dalam
acara televise dan radio, adalah resensi buku (book review). Kata resensi berarti pertimbangan atau pembicaraan
terhadap buku. Untuk memerikan pertimbangan kepada pemustaka tentang suatu
buku, pustakawan dapat menulis resensi yang kemudian dikirim pada surat kabar,
majalah, journal, dll.(djoko prasetyo)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar